Mikrotik User Meeting 2016 Jakarta

Tepat pada 12-14 Oktober 2016, Mikrotik User Meeting diadakan di Jakarta, lebih tepatnya di Hotel Holiday Inn (Kemayoran) tentu saya menghadiri acara tersebut karena jurusan saya TKJ.

fb_mum

Mungkin dari kalian belum tahu apa itu Mikrotik User Meeting atau MUM adalah sebuah konferensi tentang software MikroTik RouterOS dan Hardware RouterBoard. disitu ada banyak master mikrotik yang presentasi tentang sesuatu yang berhubungan dengan mikrotik dan jaringan lainnya, untuk pesertanya bebas untuk semua kalangan.

Grand Opening
screenshot_1

Hari Pertama jadwalnya adalah untuk register dan meet and greet party, jadi kita disana antri terlebih dahulu. Antriannya lumayan panjang lah, sudah gitu dapet oleh-oleh dari Mikrotik yang isinya kaos,katalog,DLL. Setelah masuk sehabis register dan udah dapet aksesoris kita disana makan-makanan ringan dan tidak lupa selfie.

Day 1
screenshot_2

Jadi disini saya akan mensharing tentang ilmu apa saja yang saya dapatkan disana, walaupun tidak sedetail seperti disana setidaknya kalian bisa paham sedikit dari yang saya jelaskan ini.

  • Multi Point Wireless Access Point on RouterOS Presentasi dari Valens Riyadi & Puji Dewobroto

Dalam hal ini sang pemateri menjelaskan beberapa faktor yang harus diperhatikan dalam membuat multi point wireless.

Data Rate
Dalam WLAN terdapat parameter Data Rate yang melambangkan kemampuan atau kapasitas transfer data maksimal berdasarkan kalkulasi dan modulasi dari komunikasi wireless tersebut, terdapat 2 datarate yaitu :

Basic Rate
Data rate yang harus disupport AP dan client dan digunakan untuk management.

Support Rate
Data Rate yang bisa digunakan apabila kondisi memungkinkan. Jika signal bagus, akan menggunakan datarate diatasnya,begitu juga sebaliknya.

Signal to Noise Ratio (SNR)
Signal to Noise Ratio (SNR) Adalah selisih antara signal yang diterima dengan noise sekitar. Semakin besar nilai SNR secara teoritis maka akan semakin bagus

Client Connection Quality (CCQ)
Adalah presentase seberapa efektif throughput yang bisa digunakan pada sebuah link yang dihitung dari frame yang dikirim secara software dan hardware.

Throughput
Throughput adalah bandwidth aktual yang terukur pada suatu ukuran waktu tertentu dalam suatu hari menggunakan rute internet yang spesifik ketika sedang mendownload suatu file.

  • MikroTik Hotspot 2.0 (IEEE 802.11u) Presentasi dari Rofiq Fauzi

Tentang wireless networks 802.11u atau sering disebut hotspot 2.0 (HS2.0) ialah sebuah amandemen terhadap IEEE 802.11 standar untuk menambahkan fitur yang meningkatkan interworking dengan jaringan eksternal.

Jadi kurang lebih hotspot 2.0 ini memungkinkan Perangkat dan jaringan langsung terhubung dan pengguna tidak perlu repot menghubungkannya lagi. Namun belum semua perangkat ponsel sudah mempunyai wireless 802.11u ini, di presentasinya baru ada hp apple dan samsung.

Pada saat itu pak Rofiq juga memberitahu, Mikrotik sebenarnya mendukung fitur ini namun bila kita menggunakan gui melalui winbox tidak akan ada fiturnya (di umpetin). Jadi caranya kita harus menggunakan command-line.

untitled

  • create Your Own Secure VPN Connection Using OpenVPN Presentasi dari Irfan Dhia Irsyad

Jadi kurang lebih dalam presentasi beliau, menjelaskan bagimana cara membuat openVPN di kantor pusat dan kantor cabang. Jadi yang pertama beliau jelaskan yaitu cara buat sertifikat terlebih dan pembuatannya menggunakan linux (openSSL).

Setelah itu Impor sertifikatnya lalu Atur OpenVPN server pada sisi kepala cabang dan juga Set OpenVPN klien di sisi kantor cabangnya di routerboard masing masing. Dan untuk pembuatan VPN tinggal cari sendiri lah di internet banyak kok.

  • Implementation EoIP over VPN on dynamic IP Presentasi dari Teddy Yuliswar

Presentasi ini saya cukup ingat, jadi presentasi ini menjelaskan tentang bagaimana cara membuat tunnel walaupun enggak punya IP publik. Jadi kita membuat IP cloud DNSnya terlebih dahulu dan Enable PPTP servernya di Kantor pusat, selanjutnya kita setting PPTP client dii kantor cabangnya. Dan yang paling penting itu Tunnel idnya harus sama pada kedua kantor tersebut.

  • MikroTik in real life, full scale  and low budget ISP Presentasi dari Wima Sangga Yudanto

Untuk presentasi ini jujur saja kebanyakan curhat, jadi sebelumnya sang presentator bercerita dulu ia pernah memakai produk mahal dalam ISPnya namun ketika rusak dia bingung mau mengganti dengan apa, karna pada saat itu dia tidak mempunyai banyak dana. Jadi dia lebih memilih menggunakan mikrotik karena dengan budget minim kita tetap bisa membangun ISP.

  • QoS on Hostpot Presentasi dari Paul Darius

Pertama beliau berkata Presentasi ini adalah kelanjutan dari presentasi beliau
sebelumnya di MUM Yogyakarta. namun pada presentasi yang dibawakan sekarang ini menjelaskan tentang  cara mengkonfigurasi hotspot dan membuat kecepatan internet berbeda dari client satu dengan client lainnya sesuai , jabatan dan tipe kamar hotel.

  • Connection load balancing with mikrotik Presentasi dari Achmad Mardiansyah

Pada presentasi yang dibawakan oleh Achmad Mardiansyah ini menjelaskan tentang beberapa teknik load balancing yang dapat digunakan untuk fail-over atau dengan tujuan ketersediaan tinggi

  • MikroTik sebagai pelayan TV Cable sehat Presentasi dari Miftakhul Huda

Pada presentasi yang dibawakan oleh Miftakhul Huda ini menjelaskan tentang bagaimana cara mengatur MikroTik sebagai pengatur jam penggunaan TV sehingga anak-anak dan keluarga tidak lupa waktu dalam Sholat dan belajar dengan memanfaatkan fitur VLAN dan Schedule mikrotik routerboard.

Day 2
screenshot_3

Oke kita lanjutkan di hari kedua, disana saya sempet pengen foto dengan pendiri mikrotik tapi kaga kebagian, sedih.

  • Dynamic Simple Queue Script (ARP Table) Presentasi dari Erick Setiawan

Pada presentasi pertama ini menjelaskan tentang bagaimana cara membuat rule untuk simple queue yang digunakan secara otomatis dengan cara mengupdate dan mengambil informasi dari ARP table. Jadi presentasi ini menjelaskan jika ada client yang konek terhadap router kita, dan kita ingin melimitasi tanpa harus membuat rule dan menghapusnya jika tidak digunakan lagi. dengan menggunakan dinamic simple queue ini rule di buat untuk semua ip address, dan jika ada client konek ke router maka secara otomatis router mengambil informasi dari ARP tabel dan memasukkannya ke rule simple queue.

  • Presentasi dari Novan ChrisToken Bucket Performance Test Presentasi dari Novan Chris

Apabila anda sudah mengupdate RouterOS anda menjadi versi terbaru maka akan ada fitur baru yaitu HTB di Simple Queue maupun Queue Tree. HTB berfungsi untuk menambahkan kecepatan beberapa saat, jadi ibaratnya kita menabung token pada bank maka suatu saat token tersebut akan dipakai dan saat dipakai itu kecepatan kita akan naik. HTB ini mirip dengan burst namun dalam sisi performa jauh lebih bagus HTB.

  • Prevention Bruteforce MikroTik Presentasi dari Fajar Amanullah Zaky

Brute force attack adalah sebuah metode penyerangan terhadap sebuah sistem, dengan mencoba semua kemungkinan password, bedakan dengan Dictionary attack yang artinya menyerang target dengan mencoba semua kata-kata yang didefinisikan dalam sebuah list.

Disitu dia juga menjelaskan bagaimana cara membuat penanganan terhadap brute force ini dengan memberitahu cara Penanganan Bruteforce SSH dan FTP dengan Firewall Filter.

  • How to build 2 Radius Server in 1 Router MikroTik Presentasi dari Irfan Divi Zianka

Radius merupakan kependekan dari Remote Authentication Dial In User Service, merupakan protokol jaringan yang menjalankan service management Authentication, Authorization, dan Accounting jadi kita menentukan ether berapa saja yang untuk di jadikan gateway untuk setiap radius tersebut, lalu membuat user profile dan setting di user manager, user manager.

Apabila sudah, setelah itu kita hanya tinggal mengoneksikannya, kita buka google dan akan langsung ke direct dengan hostpot yang kita buat tadi. Kita login dengan cara isikan user dan password yang sama seperti yang dibuat di user manger nya

  • Fools your enemy with MikroTik Presentasi dari Didiet Kusumadihardja

Presentasi ini amat bagus, Dia membaritahu cara mengamankan server anda dari heker. Caranya dengan menggunakan Fake NAT dan membuat port palsu di web server kamu dengan itu kamu bisa mengecoh sang heker supaya salah memasuki web server kamu.

  • Implementasi CAPsMAN di Sekolah Presentasi dari Firman Maulana

Pada presentasi ini, sang presentator ini menjelaskan tentang bagimana cara pengimplementasian CAPsMAN di sekolah yang digunakan untuk mengelola atau mengontrol Access Point yang banyak secara terpusat dan mudah

  • Introduction to MPLS using RouterOS Presentasi dari Irfan Adrian Kristiono

Pada presentasi yang dibawakan oleh Irfan Adrian Kristiono ini menjelasakan tentang pengenalan MPLS menggunakan RouterOS yang meliputi

  1. Pengenalan MPLS
  2. Perbandingan MPLS dengan routing
  3. Protokol Label Exchange
  4. Konfigurasi MPLS sederhana
  • SMS Notification Integration for The Dude Network Monitoring System Presentasi dari Rizky Agung Pratama

Pada presentasi yang dibawakan oleh Rizky Agung Pratama ini menjelaskan tentang bagaimana cara mengintegrasikan sistem monitoring jaringan the dude dengan notifikasi SMS. Misal jika perangkat suatu jaringan naik atau turun maka SMS akan dikirimkan mengenai informasi perangkat

  • DNS Spoofing Presentasi dari Michael Takeuchi

DNS spoofing adalah istilah yang digunakan ketika server DNS menerima dan menggunakan informasi yang salah dari host yang tidak memiliki otoritas memberikan informasi tersebut. Dalam presentasi beliau ia menjelaskan Membuat DNS Static, misalnya kita isi “facebook.com” dan kita arahkan ip nya ke address server kita, si korban akan langsung ke redirect menuju server kita, dan disitu lah kita bisa beraksi.

  • HTB-Queue Tree Presentasi dari Azfar Hameed Khan

Pada presentasi yang dibawakan oleh Azfar Hameed Khan ini menjelaskan tentang HTB Queue Tree yang meliputi

  1. Pengenalan kontrol jaringan
  2. Keuntungan menggunakan HTB-Queue Tree
  3. Packet Flow
  4. Fasilitas Mangle (Marking connections dan marking packets)
  5. Queue tree induk dan anak
  • Alternative power for MikroTik – Water energy Presentasi dari Jaromir Cihak

Pada presentasi yang dibawakan oleh Jaromir Cihak ini menjelaskan tentang pada beberapa daerah di Ceko tidak mendapatkan listrik yang cukup, dan tenaga matahari untuk listrik juga tidak dapat dimaksimalkan karena terdapat musim salju. Maka dari itu Jaromir menjelaskan bagaimana membuat energi alternatif dari air yang dapat menghasilkan listrik untuk menghidupkan perangkat-perangkat MikroTik

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s